Menu

Mode Gelap
Polri Gelar Pelatihan Olah Strategi Operasi Mantap Brata Presiden Jokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina  Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf AD Amran Sulaiman Dilantik jadi Mentan, Langsung Menjalankan Tugas Penjelasan BMKG Soal Makassar dan Sekitarnya di Guyur Hujan 

Edukasi · 31 Des 2022 WITA ·

Bagaimana melakukan Studi Penelitian Lapangan


 Bagaimana melakukan Studi Penelitian Lapangan Perbesar

Phinisice.id , Jakarta — 4 metode utama melakukan Ada tantangan dalam menjalani penelitian yang melibatkan pemahaman yang luas tentang lingkungan dan subjek studi yang tinggal di lingkungan itu. Meskipun hasil penelitian ini akan membantu menjelaskan tentang yang terlihat dalam literatur tetapi prosesnya melibatkan banyak perencanaan. Bagaimana seseorang merencanakan penelitian yang begitu besar? Pada artikel ini, kita akan membahas bagaimana melakukan penelitian lapangan dan metode apa saja yang digunakan untuk merampingkan studi lapangan

Apa itu Penelitian Lapangan?

Penelitian lapangan merupakan proses pengumpulan data melalui metode kualitatif. Tujuan dari studi lapangan adalah untuk mengamati dan menginterpretasikan subjek studi di lingkungan alamnya.

Mengapa melakukan Studi Lapangan?

Studi lapangan memungkinkan peneliti untuk mengidentifikasi dan mengamati subjek dan membantu menarik korelasi antara subjek dan lingkungan, dan bagaimana lingkungan dapat mempengaruhi perilaku.

Ini memberikan informasi yang mendalam tentang subjek karena mereka diamati dan dianalisis untuk jangka waktu yang lama.

Studi lapangan memungkinkan peneliti untuk menemukan fakta-fakta yang dapat ditemukan dengan melakukan penelitian primer yang mendalam.

4 metode utama melakukan penelitian lapangan.

1. 4 metode utama melakukan Catatan Lapangan Etnografi

Jenis pekerjaan lapangan ini terutama terkait dengan pekerjaan lapangan yang merekam dan menganalisis budaya, masyarakat atau komunitas. Paling umum metode penelitian ini digunakan dalam antropologi sosial, masyarakat dan komunitas.

2. Wawancara Kualitatif

Wawancara kualitatif memberikan peneliti informasi rinci. Informasi yang luas ini dipisahkan untuk membuat kesimpulan yang terkait dengan kelompok sampel.

3. Observasi Langsung

peneliti mengumpulkan informasi tentang subjek mereka melalui pengamatan visual yang dekat. Peneliti dapat merekam pengamatan dan peristiwa sebagai catatan lapangan secara holistik tanpa protokol yang dipandu. Bentuk pendekatan penelitian ini disebut sebagai observasi tidak terstruktur. Namun, dalam observasi terstruktur peneliti menggunakan panduan atau protokol yang ditetapkan untuk mengamati orang dan peristiwa.

4. Observasi Peserta

Dalam metode penelitian ini, peneliti mengambil bagian dalam kehidupan sehari-hari anggota yang dipilih untuk observasi. Ini memberi pengamat pemahaman yang lebih baik tentang penelitian ini. Selain itu, catatan ini adalah jenis fakta utama yang kemudian dikembangkan oleh peneliti menjadi catatan yang detail observasi.

Langkah-Langkah melakukan Studi Lapangan

1. Identifikasi dan temukan peneliti lapangan

Sangat penting untuk memperoleh peneliti yang berspesialisasi dalam bidang penelitian. Selain itu, pengalaman mereka di lapangan akan membantu mereka menjalani langkah-langkah lebih lanjut dalam melakukan penelitian lapangan.

2. Identifikasi topik penelitian

Setelah memperoleh peneliti, mereka akan bekerja untuk mengidentifikasi topik penelitian. Para peneliti bertanggung jawab untuk memutuskan topik penelitian yang menjadi fokus berdasarkan yang diamati dalam penelitian yang ada.

3. Identifikasi metode penelitian yang tepat

Setelah menyempurnakan topik penelitian, peneliti menentukan metode yang tepat untuk mendekati tujuan dan tujuan penelitian.

4. Kunjungan ke lokasi penelitian dan pengumpulan data

Berdasarkan tujuan, pengamatan dimulai. Pengamat/Peneliti turun ke lapangan dan mulai mengumpulkan fakta baik dengan pengamatan visual, wawancara atau bersama subjek dan mengalami lingkungan mereka untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam.

5. Analisis data yang diperoleh

Para peneliti proses menjalani analisis fakta setelah data dikumpulkan.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Baca Juga :  Lepas 516 Calon Jemaah Haji, Walikota Makassar Sampaikan Hal Serius! 
Artikel ini telah dibaca 35 kali

Baca Lainnya

Bunda PAUD Kota Makassar Beri Arahan dalam Pemenuhan Hak Anak

18 Oktober 2023 - 15:19 WITA

SPIDI Hadirkan 13 Universitas dan Konsultan Pendidikan dalam dan Luar Negeri

14 Oktober 2023 - 23:05 WITA

Kapolda Sulsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2023

4 September 2023 - 10:25 WITA

Kelas Global Stimi Yapmi jadi Perhatian Mahasiswa Baru

1 September 2023 - 21:40 WITA

Kelas Global Stimi Yapmi

Event F8, Fotografer Andi Fauzan, Menggugah Kepedulian Masyarakat Melalui Foto

26 Agustus 2023 - 21:39 WITA

Puluhan Siswa SD Dapat Edukasi Literasi Keuangan di Panggung F8 Makassar

26 Agustus 2023 - 21:34 WITA

Trending di Edukasi