Menu

Mode Gelap
Polri Gelar Pelatihan Olah Strategi Operasi Mantap Brata Presiden Jokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina  Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf AD Amran Sulaiman Dilantik jadi Mentan, Langsung Menjalankan Tugas Penjelasan BMKG Soal Makassar dan Sekitarnya di Guyur Hujan 

internasional · 5 Jun 2022 WITA ·

Jemaah Calon Haji Diminta Jaga Kesehatan, Waspadai Cuaca Ekstrem di Saudi


 Jemaah Calon Haji Diminta Jaga Kesehatan, Waspadai Cuaca Ekstrem di Saudi Perbesar

Padang — Sekretaris Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Ahmad Abdullah meminta jemaah haji mewaspadai cuaca ekstrim di Arab Saudi.

“Arab Saudi cuacanya sekarang musim panas. Informasi yang saya dapat, suhunya berkisar 40 sampai 44 derajat celcius dan kemungkinan akan lebih panas lagi,” ujarnya saat memberikan sambutan pada pelepasan jemaah haji kloter 1 embakasi Padang (PDG 1) di Padang, Sabtu (4/6/2022).

Maka dari itu, Abdullah berpesan agar jemaah haji dapat menjaga kesehatan, pola makan, dan juga istirahat yang cukup. “Saya berpesan tolong jaga kesehatan. Jaga pola makan serta istirahat. Jangan terlalu diforsir kegiatan-kegiatan yang memang tidak perlu dilakukan,” pesannya.

Terkait cuaca panas, Ia mengimbau Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umrah (KBIHU) untuk tidak memaksakan jemaahnya berulang kali melaksanakan umrah. Abdullah meminta KBIHU dan jemaah bisa mengendalikan diri karena kondisi cuaca yang sangat panas.

 

“Mengimbau KBIHU untuk tidak memaksakan jemaahnya berulang kali melaksanakan umrah dan dapat mengendalikan diri karena cuaca saat ini sangat ekstrem,” tegasnya.

Kepada jemaah, Abdullah juga berpesan, saat beribadah di Tanah Suci, rutin membawa dan makan  kurma dan banyak minum air untuk mencegah dehidrasi. “Banyak minum jangan tunggu haus dan sediakan 10 – 15 butir buah kurma,” kata Abdullah.

Tahun ini, Pemerintah bersama Komisi VIII DPR juga telah menyepakati pemberiann layanan konsumsi jemaah dari sebelumnya yang hanya diberikan 2 kali makan, menjadi 3 kali makan.

Baca Juga :  Bahtiar : Peluang menjadi petani Produktif Budidaya pisang untuk ekspor 65 Negara

“Pemerintah dan DPR sepakat di mana untuk makan jemaah yang tahun lalu diberikan 2 kali saat ini diberikan 3 kali makan,” ujarnya.

Turut hadir, Gubernur Sumbar Mahyeldi, Anggota Komisi VIII DPR Mhd. Asli Khaidir, dan Lisda Hendrajoni, Tenaga Ahli Menteri Agama Hasan Basri Sagala, Walikota Padang Hendri Sapta, Kepala Kanwil Kemanag Sumbar Helmi serta perwakilan instansi terkait, (**).

Artikel ini telah dibaca 48 kali

badge-check

Team

Baca Lainnya

Presiden Jokowi tiba di Afrika Selatan 

24 Agustus 2023 - 09:02 WITA

Dikukuhkan Duta Besar, Ini Profil Paskibra Indonesia di Berlin

15 Agustus 2023 - 08:10 WITA

Ini Pesan Pejabat KBRI Berlin kepada Peserta saat Hadiri Acara PPI Berlin

9 Agustus 2023 - 08:38 WITA

Presiden RI Hadiri Upacara pembukaan Chengdu 2021 FISU World University Games Tiongkok

29 Juli 2023 - 09:54 WITA

Pertama Kali di Jerman, KJRI Frankfurt Gelar Pasar Rakyat Indonesia 

4 Juli 2023 - 00:01 WITA

Menag Sebut Jemaah Tahun Ini Dapat 10 Liter Zamzam, Dibagi di Debarkasi

3 Juli 2023 - 23:10 WITA

Trending di internasional