Menu

Mode Gelap
Polri Gelar Pelatihan Olah Strategi Operasi Mantap Brata Presiden Jokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina  Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf AD Amran Sulaiman Dilantik jadi Mentan, Langsung Menjalankan Tugas Penjelasan BMKG Soal Makassar dan Sekitarnya di Guyur Hujan 

Edukasi · 5 Sep 2022 WITA ·

Apa itu Modal? 4 jenis Modal Usaha


 Apa itu Modal? 4 jenis Modal Usaha .
image/financeguideonline Perbesar

Apa itu Modal? 4 jenis Modal Usaha . image/financeguideonline

Phinisice.id, Jakarta — 4 jenis Modal Usaha Dalam bisnis dan keuangan perusahaan, definisi modal merujuk pada semua yang dapat digunakan  bisnis untuk menghasilkan lebih banyak nilai. Modal sering mengacu pada uang tunai dan aset lainnya, seperti nilai keuangan, real estat, investasi atau modal intelektual.

Akuntan, ekonom, dan investor menggunakan modal untuk memahami fungsi dan kesehatan bisnis, perusahaan, atau ekonomi. Perusahaan harus memperhitungkan beberapa bentuk modal mereka dalam laporan keuangan mereka, seperti neraca atau laporan hasil, untuk menghasilkan citra lengkap dari aset bersih mereka.

Ketika perusahaan menggunakan 4 jenis Modal Usaha untuk menghasilkan keuntungan, itu disebut “capital gain”. Penurunan total modal yang terkait dengan aset modal dikenal sebagai kerugian modal.

4 jenis Modal Usaha Berikut ini yang dapat digunakan oleh pengusaha untuk menghasilkan lebih banyak manfaat:

1. 4 jenis Modal Usaha Modal utang

Modal utang mengacu pada modal yang disediakan oleh perusahaan dari sumber lain, termasuk pinjaman dari lembaga keuangan, perusahaan lain atau pemerintah. Modal utang memungkinkan perusahaan untuk dengan cepat mengakses uang tunai, meskipun secara teknis merupakan kewajiban karena peminjam harus mengembalikannya ke pemberi pinjaman. Biaya pembangkitan modal modal bisa tinggi karena aset keuangan ini tunduk pada suku bunga dan persyaratan pinjaman. Jenis modal ini bisa menjadi kehilangan modal.

2.Modal ekuitas

Modal ekuitas mengacu pada semua aset yang diperoleh perusahaan yang menjual saham atau saham perusahaan. Tindakan ini dapat dinegosiasikan secara publik di pasar saham jika perusahaan membuat penawaran umum perdana (IPO), yang memungkinkan publik untuk membeli saham. Modal ekuitas juga dapat merujuk pada saham swasta yang diberikan oleh perusahaan kepada Dewan Investor Independen.

Baca Juga :  E-Katalog Sulsel Meningkat Rp995 Miliar, Gubernur Diganjar Terbaik 2 Nasional dari LKPP

3. Modal Komersial

Modal komersial mengacu pada cadangan keuangan yang telah ditentukan oleh perusahaan untuk berinvestasi dan nilai -nilai komersial, seperti saham, obligasi, dan investasi modal lainnya. Perusahaan keuangan besar umumnya bergantung pada modal komersial untuk pertumbuhan ekonomi dan mendistribusikan lebih banyak uang untuk itu.

4. Modal Kerja

Modal kerja mengacu pada total aset yang dimiliki oleh Perusahaan, termasuk modal ekonomi riil, seperti uang tunai cair, setara kas, piutang, utang dan saldo rekening bank. Modal kerja juga dapat merujuk pada aset yang menghasilkan laba, yang digunakan perusahaan untuk menghasilkan barang -barang konsumen, seperti bahan baku, sumber daya alam, mesin dan real estat. Anda dapat menghitung modal kerja dengan mengukur aset komersial saat ini dari kewajiban Anda saat ini.

Bagaimana modal digunakan dalam bisnis?

Perusahaan menggunakan modal untuk memfasilitasi pertumbuhan ekonomi dan mempertahankan operasi yang beroperasi. Bisnis ini menggunakan modal untuk berbagai keperluan, dari pembiayaan operasi komersial harian hingga menutupi kewajiban keuangan apa pun, dari utang hingga berinvestasi dalam peluang baru yang menghasilkan keuntungan.

Perusahaan menginvestasikan modal untuk meningkatkan laba ke jumlah yang lebih tinggi daripada yang terbalik di awal. Bisnis ini juga menggunakan modal untuk menunjukkan kesehatan keuangan bisnis Anda. Struktur modal yang kuat memungkinkan perusahaan untuk menjadi menarik bagi investor, yang memungkinkan mereka untuk menghasilkan lebih banyak modal.

Artikel ini telah dibaca 103 kali

Baca Lainnya

Bunda PAUD Kota Makassar Beri Arahan dalam Pemenuhan Hak Anak

18 Oktober 2023 - 15:19 WITA

SPIDI Hadirkan 13 Universitas dan Konsultan Pendidikan dalam dan Luar Negeri

14 Oktober 2023 - 23:05 WITA

Kapolda Sulsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2023

4 September 2023 - 10:25 WITA

Kelas Global Stimi Yapmi jadi Perhatian Mahasiswa Baru

1 September 2023 - 21:40 WITA

Kelas Global Stimi Yapmi

Event F8, Fotografer Andi Fauzan, Menggugah Kepedulian Masyarakat Melalui Foto

26 Agustus 2023 - 21:39 WITA

Puluhan Siswa SD Dapat Edukasi Literasi Keuangan di Panggung F8 Makassar

26 Agustus 2023 - 21:34 WITA

Trending di Edukasi