Menu

Mode Gelap
Polri Gelar Pelatihan Olah Strategi Operasi Mantap Brata Presiden Jokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina  Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf AD Amran Sulaiman Dilantik jadi Mentan, Langsung Menjalankan Tugas Penjelasan BMKG Soal Makassar dan Sekitarnya di Guyur Hujan 

Edukasi · 18 Okt 2023 WITA ·

Bunda PAUD Kota Makassar Beri Arahan dalam Pemenuhan Hak Anak


 Bunda PAUD Kota Makassar Beri Arahan dalam Pemenuhan Hak Anak Perbesar

MAKASSAR |  Bunda Paud Kota Makassar Indira Yusuf Ismail memberikan arahan berharga kepada guru-guru Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Kota Makassar sebagai upaya peningkatan kapasitas guru PAUD dalam memenuhi hak-hak anak.

Di hadapan puluhan guru PAUD di Kota Makassar, Indira menggarisbawahi pentingnya peran guru PAUD dalam menjamin hak anak-anak untuk tumbuh dan berkembang secara sehat, aman, dan bahagia. Sebab menurutnya, pendidikan awal sangat krusial dalam membentuk dasar bagi masa depan anak-anak.

“Pemenuhan hak-hak anak di PAUD sangatlah penting karena hal ini membentuk dasar perkembangan anak yang sehat, baik secara fisik, emosional, sosial, maupun kognitif,” ungkap Indira di Hotel Arthama, Rabu (18/10/2023).

Kata dia, selain orang tua, guru di PAUD juga memiliki peran utama dalam memastikan bahwa hak-hak dasar anak, seperti hak atas pendidikan, hak untuk tumbuh dan berkembang, serta hak atas perlindungan, terpenuhi.

“Guru bukan hanya sekadar profesi tetapi juga pendidik untuk membentuk karakter sebuah bangsa. Namun, dalam mendidik dan memenuhi hak-hak anak, guru harus bekerja sama dengan orang tua. Orang tua harus tahu tanggung jawabnya di mana, begitu juga guru,” bebernya.

Indira pun turut menyoroti beberapa aspek penting yang harus diperhatikan oleh guru-guru PAUD. Ia menekankan bahwa setiap anak berhak mendapatkan pendidikan yang bermutu, dilindungi dari segala bentuk kekerasan, dan diberikan ruang untuk berpartisipasi aktif dalam proses pembelajaran.

Baca Juga :  OPM Didesak Tak Lagi Serang Warga Sipil Di Papua

Adapun bentuk dukungan lain yang perlu diberikan kepada anak yakni menghadirkan sarana belajar yang berkualitas. Sejalan dengan itu, Pemerintah Kota Makassar saat ini telah menghadirkan Sekolah PAUD Negeri yang berlokasi di Kecamatan Mariso dan Tamalate.

Sekolah PAUD tersebut akan menjadi sekolah percontohan PAUD pertama di Makassar yang memiliki infrastruktur, fasilitas, dah suasana pembelajaran dengan standar internasional.

“Pemkot Makassar sudah 80 persen membangun dua PAUD di Mariso dan Tamalate. Sekarang kita akan menyusun kurikulumnya sesuai kurikulum yang berlaku. Insyaallah tahun depan menyusun lagi 8 sekolah,” pungkasnya. (**)

Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Team

Baca Lainnya

SPIDI Hadirkan 13 Universitas dan Konsultan Pendidikan dalam dan Luar Negeri

14 Oktober 2023 - 23:05 WITA

Kapolda Sulsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2023

4 September 2023 - 10:25 WITA

Kelas Global Stimi Yapmi jadi Perhatian Mahasiswa Baru

1 September 2023 - 21:40 WITA

Kelas Global Stimi Yapmi

Event F8, Fotografer Andi Fauzan, Menggugah Kepedulian Masyarakat Melalui Foto

26 Agustus 2023 - 21:39 WITA

Puluhan Siswa SD Dapat Edukasi Literasi Keuangan di Panggung F8 Makassar

26 Agustus 2023 - 21:34 WITA

RJI :  Pentingnya Profesi Pengelola Jurnal Ilmiah Berstandar

15 Agustus 2023 - 11:55 WITA

Trending di Edukasi