Menu

Mode Gelap
Polri Gelar Pelatihan Olah Strategi Operasi Mantap Brata Presiden Jokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina  Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf AD Amran Sulaiman Dilantik jadi Mentan, Langsung Menjalankan Tugas Penjelasan BMKG Soal Makassar dan Sekitarnya di Guyur Hujan 

Edukasi · 27 Okt 2022 WITA ·

Bagaimana mengidentifikasi berita online asli


 Ilustrasi Bagaimana mengidentifikasi berita online   (Photo okezone ) Perbesar

Ilustrasi Bagaimana mengidentifikasi berita online (Photo okezone )

Phinisice.id, Jakarta — Bagaimana mengidentifikasi berita online Berkat teknologi modern, kami hidup di era konektivitas yang belum pernah terjadi sebelumnya, pembaruan waktu nyata dan sejumlah besar data di ujung jari kami.

Ironisnya, meskipun ada akses ke informasi yang dapat diandalkan, informasi yang tidak terkendali.

Dan karena penyedia teknik dan setengah dari kebenaran ini semakin memahami media, semakin sulit untuk menentukan apa yang nyata dan apa “berita palsu”.

Ini adalah masalah yang signifikan. Di seluruh dunia, 76% orang mengakui kekhawatiran tentang mengumpulkan informasi palsu atau berita palsu, tertinggi sepanjang masa.

 

Bagaimana mengidentifikasi berita online Apa berita palsu?

 

Dalam panduan penelitiannya, Perpustakaan Universitas Michigan menggambarkan berita palsu sebagai “berita yang salah: cerita itu sendiri ditemukan, tanpa fakta, sumber atau kutipan yang dapat diverifikasi.

Kadang -kadang, cerita -cerita ini dapat menjadi propaganda yang dirancang untuk menipu pembaca atau posisi sebagai ‘clickbait’ yang ditulis untuk insentif ekonomi (penulis memperoleh keuntungan dari jumlah orang yang mengklik cerita).

Bagaimana membedakan berita palsu dan berita asli

Meskipun tidak mudah, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk membantu menentukan apakah kisah yang benar atau salah.

Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda membedakan antara berita palsu dan berita nyata:

 

Bagaimana mengidentifikasi berita online Apa itu situs?

 

Baca Juga :  Balai BTKLPP Kemenkes: Kualitas Udara di Makassar Masih Bagus

Seperti dibahas sebelumnya, sementara orang jatuh secara ideologis dengan memutuskan apakah mereka percaya pada sumber berita konvensional, kenyataannya adalah bahwa sebagian besar sumber utama jurnalisme berita yang diakui tidak akan menghasilkan clickbait berita palsu.

 

Bagaimana mengidentifikasi berita online Periksa domainnya

 

Banyak berita palsu menggunakan URL dan nama domain yang mirip dengan sumber berita utama untuk meniru.

 

Sumber Penulis

 

Kabar baik berisi tautan ke laporan lain tentang reputasi baik organisasi yang disegani.

Mereka berisi wawancara dengan orang -orang yang dapat mengkonfirmasi atau menyangkal apa yang dilakukan klaim. Mereka didukung oleh bukti, tanggal dan data lain yang dapat diverifikasi dalam fakta.

 

Verifikasi fakta

 

Jika Anda ragu, verifikasi fakta informasi yang Anda baca. Anda dapat mulai dengan pencarian sederhana menggunakan kata kunci atau acara yang sedang diinformasikan.

 

Baca judulnya

 

Di dunia dengan periode perhatian yang luas dan persaingan yang semakin sengit untuk penonton, clickbait ada di mana -mana.

Judul -judul sensasional ini mencoba menarik sebanyak mungkin klik yang menarik menarik emosi dan keingintahuan. Mereka sering mengambil janji di luar konteks atau melarikan diri dengan sengaja dengan cara yang mengakhiri sesuatu yang memalukan.

 

Sadari bias Anda sendiri

 

Semua orang suka merasa cerdas. Dan semua orang ingin mengkonfirmasi pendapat mereka. Itulah sebabnya beberapa orang sangat berpegang teguh pada versi realitas mereka bahkan dalam menghadapi banyak bukti bahwa mereka salah.

Baca Juga :  Pengertian Tujuan Pengembangan Kepemimpinan Yang Lebih Baik

Meskipun Anda mungkin tidak keras kepala, setiap orang memiliki bias implisit. Dan itulah mengapa sangat penting untuk tidak membiarkan apa yang ingin dipercaya dari fakta.

 

Membantu memerangi penyebaran berita palsu

 

Meskipun ada berita, ada cerita palsu.

Tetapi sementara aktor jahat yang menyebarkan informasi palsu tentang Alexander Agung selama pengepungan ban hanya dapat mempengaruhi beberapa ribu orang, jejaring sosial telah menciptakan lingkungan di mana siapa pun dapat melakukan informasi yang salah di seluruh dunia di seluruh dunia, berpotensi untuk jutaan orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Artikel ini telah dibaca 25 kali

Baca Lainnya

Bunda PAUD Kota Makassar Beri Arahan dalam Pemenuhan Hak Anak

18 Oktober 2023 - 15:19 WITA

SPIDI Hadirkan 13 Universitas dan Konsultan Pendidikan dalam dan Luar Negeri

14 Oktober 2023 - 23:05 WITA

Kapolda Sulsel Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra Pallawa 2023

4 September 2023 - 10:25 WITA

Kelas Global Stimi Yapmi jadi Perhatian Mahasiswa Baru

1 September 2023 - 21:40 WITA

Kelas Global Stimi Yapmi

Event F8, Fotografer Andi Fauzan, Menggugah Kepedulian Masyarakat Melalui Foto

26 Agustus 2023 - 21:39 WITA

Puluhan Siswa SD Dapat Edukasi Literasi Keuangan di Panggung F8 Makassar

26 Agustus 2023 - 21:34 WITA

Trending di Edukasi