Menu

Mode Gelap
Polri Gelar Pelatihan Olah Strategi Operasi Mantap Brata Presiden Jokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina  Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf AD Amran Sulaiman Dilantik jadi Mentan, Langsung Menjalankan Tugas Penjelasan BMKG Soal Makassar dan Sekitarnya di Guyur Hujan 

News · 8 Jan 2023 WITA ·

30 Menit Penyakit Wasir Tuntas di Klinik Bontolempangan Medical Centre


 30 Menit Penyakit Wasir Tuntas di Klinik Bontolempangan Medical Centre Perbesar

MAKASSAR — 30 Menit Penyakit Wasir  atau Ambeien atau Hemoroid adalah salah satu penyakit yang masih banyak sekali diderita oleh masyarakat kita terutama di kota Makassar, dikatakan 3 dari 4 orang menderita wasir. Karena letaknya di lobang anus sehingga sebagian besar pasien merasa tabu atau malu untuk membicarakannya atau bahkan malu ke dokter. Karena itu kadang kondisi penyakit sudah sangat parah baru mau ke dokter untuk memeriksakan penyakitnya.

Pada beberapa kasus ada yang mengalami riwayat sampai puluhan tahun menderita wasir, karena diharapkan dapat sembuh sendiri, walaupun kadang kambuh tetapi tidak dipedulikan, sampai pada satu kondisi Ketika benjolan bertambah besar, sering berdarah dan sangat nyeri baru mau memeriksakan diri ke dokter Bedah. Hal inilah yang menjelaskan kenapa hampir semua pasien yang datang memeriksakan diri ke Wasir Centre Botolempangan Medical Centre selalu dengan diagnosis Hemoroid Interna stadium 4 + Hemoroid Eksterna.

Defenisi Wasir atau Ambeien atau Hemoroid menurut kamus besar Kedokteran adalah suatu penyakit yang timbul akibat adanya kongesti/sumbatan pada vena hemorrhoidalis yang disebabkan oleh adanya gangguan aliran balik. Bantalan vena hemorrhoidalis adalah struktur anatomi normal, namun karena suplai vaskularnya yang kaya, lokasi yang sensitif, dan sifatnya yang mudah terdesak dan prolaps, bantalan vena hemorrhoidalis menjadi penyebab wasir.

Ada 4 stadium pada Wasir,
Stadium 1, tidak tampak benjolan,
hanya penonjolan pembuluh darah
Stadium 2, tampak benjolan keluar,
tetapi dapat masuk sendiri tanpa
harus didorong dengan tangan
Stadium 3, tampak benjolan keluar
dan besar, tidak dapat masuk sendiri
harus dibantu dengan dorongan tangan
Stadium 4, tampak benjolan keluar, besar,
dan sangat nyeri. Benjolan akan menetap
diluar dan tidak dapat masuk Kembali
walaupun didorong dengan tangan

Baca Juga :  Danny Pomanto Minta Warga Bersiap Terima dan Layani Pengunjung Longwis

 

Faktor penyebab terjadinya wasir :
Sulit / Susah BAB, biasanya BAB 2 atau 3 hari sekali. Kondisi ini dalam dunia medis disebut Konstipasi / Obstipasi. Kondisi ini disebabkan karena kurangnya konsumsi serat dari sayur atau buah.

 

Mengedan terlalu kuat pada saat BAB, rasa tidak puas setelah BAB seperti mau BAB lagi sehingga pasien mengedan lagi.
Terlalu lama di WC, BAB sampai 1 jam didalam WC dapat menyebabkan terjadinya wasir/ambeien/hemoroid. Disertai posisi BAB yang salah, tidak disarankan untuk BAB pakai closed duduk, untuk penderita wasir sebaiknya BAB sambal jongkok.

 

Pola Diet yang salah, jarang makan sayur dan buah sehingga sangat kekurangan serat menyebabkan faeces menjadi sangat keras dan akhirnya sulit BAB.
Tekanan yang besar pada panggul misalnya karena kelebihan Berat Badan / obesitas atau pada kondisi sedang hamil besar. Khusus bagi Wanita yang melahirkan dengan cara normal ( per vaginam) Ketika melahirkan dan mengedan dengan sangat kuat biasanya langsung kena wasir.

Pasien yang mempunyai Riwayat pekerjaan duduk terlalu lama atau sering mengangkat barang berat lebih beresiko kena wasir.
Sering menunda BAB karena berbagai faktor, padahal sudah ada keinginan untuk BAB tetapi masih ditahan kadang 1 jam, 2 jam bahkan sampai 1 hari, hal ini menyebabkan kotoran menjadi semakin keras dan susah untuk dikeluarkan, sehingga pada saat BAB harus mengedan kuat dan memicu terjadinya wasir.

Baca Juga :  Kepala Bapenda Makassar Paparkan Pemulihan Ekonomi Makassar di Bilateral Forum

 

Sekarang ini semakin banyak orang yang berumur kurang dari 30 tahun sudah menderita wasir sampai stadium 4. Ini lebih sering disebabkan oleh faktor gaya hidup dan pola diet. Wasir yang tidak segera ditangani akan menjadi semakin parah dan sulit untuk sembuh sempurna.

 

Dr. Irwan Hasan Sp.B, M.kes FICS selaku Dokter bedah wasir mengatakan Untuk penderita wasir stadium 1 dan 2 masih bisa sembuh dengan konsumsi obat khusus wasir dan perubahan pola diet. Sedangkan untuk stadium 3 dan 4 biasanya harus dilakukan Tindakan operasi. Saat ini berkembang begitu banyak Teknik operasi wasir mulai dari Stapler hemoroidectomy, HAL-RAR, konvensional operasi, Ligasure Hemoroidectomy, PILA, dan lain sebagainya. Setiap Teknik operasi mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.

WASIR CENTRE yang kami punya di Klinik Botolempangan Medical Centre menyediakan metode penanganan wasir yang berbeda dari tempat lain. Dengan tagline : “ 30 MENIT WASIR TUNTAS “ anda akan mendapatkan pelayanan penanganan wasir sebagai berikut,
30 Menit Penyakit Wasir Konsultasi terlebih dahulu dengan Dokter Spesialis Bedah kami, disini akan dilakukan anamnesis secara lengkap dan teliti (penjelasan secara lengkap tentang wasir), pemeriksaan fisis Rectal Tocher untuk mengetahui derajat wasirnya.

Apabila dari hasil pemeriksaan didapatkan wasir derajat 1 dan 2 maka akan diberikan resep obat wasir dan akan kontrol 2 minggu kemudian untuk melihat perkembangan penyakit wasir nya.

 

Apabila dari hasil pemeriksaan didapatkan wasir derajat 3 dan 4 maka akan dilakukan Tindakan operasi wasir menggunakan metode Ligasure Hemoroidectomy memakai alat yang sangat canggih yang ada di Klinik kami yaitu : BIPOLAR Hemoroidectomy + Dr.OPPEL RADIOFREQUENCY SURGICAL 4 MhZ + ULTRASONIC SCALPEL LASER SYSTEM. Dengan kombinasi ketiga alat ini maka wasir anda akan tuntas dengan keuntungan sebagai berikut,
Lama operasi hanya 15 – 30 menit dibandingkan Teknik operasi lainnya yang berjam-jam.
Operasi tanpa rasa nyeri dibandingkan Teknik operasi lainnya.

Baca Juga :  Teen Driver Contest Highlights Tire Safety

30 Menit Penyakit Wasir Operasi dengan minim perdarahan.
Habis operasi langsung pakai celana dan aktivitas seperti biasa.
Bisa lansung pulang tanpa harus opname (karena Tindakan dilakukan di Klinik) dibandingkan Teknik operasi lainnya.
Sangat minimal efek samping atau komplikasi pasca operasi dibandingkan Teknik lainnya.
Sebelum operasi akan dilakukan pemeriksaan laboratorium rutin untuk keperluan persiapan Anastesi oleh Dokter Anastesi.
Pasien akan diberikan obat-obatan yang akan diminum 1 hari sebelum hari tindakan dan diberitahu harus puasa beberapa jam sebelum tindakan dilakukan.

 

Segera periksakan wasir / ambeien / Hemoroid anda ke WASIR CENTRE BMC kami. Untuk informasi dan pendaftaran dapat menghubungi Admin di nomor Hp/WA klinik BMC 082111245699 atau langsung datang ke WASIR CENTRE Klinik Utama BOTOLEMPANGAN MEDICAL CENTRE yang beralamat di Jl. Botolempangan No. 20 Lt.2 ( samping J Trust Bank ), Kelurahan Sawerigading, kecamatan Ujung Pandang, kota Makassar, Sulawesi Selatan 90113. Datang dan dapatkan kesembuhan dari penyakit wasir bersama dengan lebih dari 5000 orang lainnya yang sudah sembuh.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

 

Artikel ini telah dibaca 513 kali

badge-check

Team

Baca Lainnya

Kasus Kebakaran di Makassar Capai 359 Kali pada 2023

7 November 2023 - 12:11 WITA

Sosialisasikan Bahaya Narkoba, Ini Pesan Idris Kadir ke Mahasiswi UIN

6 November 2023 - 22:57 WITA

Sekda Kota Makassar Hadiri Rakor Pengelolaan Sampah Stranas PK

6 November 2023 - 22:30 WITA

Deklarasi Pemilu Damai dan Netralitas ASN Digelar di Lapangan Pancasila Palopo 

5 November 2023 - 14:15 WITA

SSDM Polri Gelar Bakti Sosial, Bakti Kesehatan dan Tanam Pohon di Bogor

5 November 2023 - 12:51 WITA

Pemkot Makassar Raih Penghargaan Anugerah Prakarsa Inklusi

3 November 2023 - 20:59 WITA

Trending di News