Menu

Mode Gelap
Polri Gelar Pelatihan Olah Strategi Operasi Mantap Brata Presiden Jokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina  Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf AD Amran Sulaiman Dilantik jadi Mentan, Langsung Menjalankan Tugas Penjelasan BMKG Soal Makassar dan Sekitarnya di Guyur Hujan 

News · 6 Nov 2023 WITA ·

Sosialisasikan Bahaya Narkoba, Ini Pesan Idris Kadir ke Mahasiswi UIN


 Sosialisasikan Bahaya Narkoba, Ini Pesan Idris Kadir ke Mahasiswi UIN Perbesar

MAKASSAR  | Peredaran dan penyalahgunaan narkotika masih menjadi momok di kalangan anak muda saat ini. Betapa tidak, Indonesia bahkan masih menjadi negara tertinggi ketiga di Asia untuk tingkat penyalahgunaan barang haram ini.

“Saya berpesan kepada mahasiswi, nanti jika kalian mau menikah usahakan minta surat bebas narkoba kepada calon suamimu. Supaya kalian bisa terbebas dari lingkaran narkoba,” ujar Brigjen Pol (Purn) Drs, Idris Kadir, SH, M.Hum yang merupakan mantan Kepala BNNP Sulsel saat menyampaikan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba di hadapan mahasiswa baru (maba) Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Senin (6/11/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan di ruangan Lt Fakultas Dakwah dan Komunikasi, UINAM, ini dihadiri sekira 200 mahasiswa. Para mahasiswa sangat antusias mengikuti pemaparan purnawirawan Jenderal Bintang satu ini.

Disampaikan Idris Kadir, banyak orang yang menyalahgunakan narkoba karena faktor lingkungan dan juga faktor keluarga. Olehnya itu, sambungnya, perhatian dari keluarga merupakan salah satu yang bisa mencegah seseorang dalam pusaran penyalahgunaan barang haram itu.

“Peran orang tua, keluarga, istri atau suami sangatlah besar agar seseorang tidak terjerumus. Selain itu jangan pernah ikut mencoba, karena bisa membuat ketagihan,” terangnya lagi.

Selain Idris Kadir, hadir pula AKP Ahmad salah seorang personel Satuan Reskrim Narkoba Polrestabes Makassar yang memaparkan tentang bahaya berbagai jenis narkotika.

“Bahaya narkotika itu sangatlah jelas, karena menyerang saraf serta bisa menyebabkan kematian. Tidak hanya itu, zat yang terkandung di dalam narkotika bisa menyebabkan kecanduan hingga membuat seseorang bisa berbuat nekat jika tidak mendapatkan barang haram itu,” terangnya.

Baca Juga :  Pemprov Sulsel Siapkan Pelatihan dan Peralatan untuk Petani Pisang Tanduk Selayar

Sementara itu dosen ilmu komunikasi UINAM, Hj Andi Fauziah Astrid, S.Sos, M.Si menjelaskan, penanganan penyalahgunaan narkotika perlu dukungan berbagai pihak. Termasuk perlunya menjaga lingkungan tempat bergaul.

“Agar tidak salah jalan, perlu diperhatikan lingkungan pergaulan. Lingkungan pergaulan yang sehat bisa mencegah dari terjerumusnya seseorang kepada penyalahgunaan narkotika,” tambahnya. (**)

Artikel ini telah dibaca 85 kali

badge-check

Team

Baca Lainnya

Kasus Kebakaran di Makassar Capai 359 Kali pada 2023

7 November 2023 - 12:11 WITA

Sekda Kota Makassar Hadiri Rakor Pengelolaan Sampah Stranas PK

6 November 2023 - 22:30 WITA

Deklarasi Pemilu Damai dan Netralitas ASN Digelar di Lapangan Pancasila Palopo 

5 November 2023 - 14:15 WITA

SSDM Polri Gelar Bakti Sosial, Bakti Kesehatan dan Tanam Pohon di Bogor

5 November 2023 - 12:51 WITA

Pemkot Makassar Raih Penghargaan Anugerah Prakarsa Inklusi

3 November 2023 - 20:59 WITA

Masuk Musim Transisi, Masyarakat Diminta Waspada Hadapi Perubahan Iklim

3 November 2023 - 06:57 WITA

Trending di News