Menu

Mode Gelap
Polri Gelar Pelatihan Olah Strategi Operasi Mantap Brata Presiden Jokowi Melepas Bantuan Kemanusiaan untuk Palestina  Presiden Jokowi Lantik Agus Subiyanto sebagai Kepala Staf AD Amran Sulaiman Dilantik jadi Mentan, Langsung Menjalankan Tugas Penjelasan BMKG Soal Makassar dan Sekitarnya di Guyur Hujan 

Tekno & Sains · 25 Feb 2022 WITA ·

Facebook Meta Rilis fitur Reels Hari Ini


 sumber google Perbesar

sumber google

Meta (dulu Facebook Inc.) akhirnya memperluas ketersediaan fitur video pendek Reels di Facebook. Tak hanya itu, Meta juga menambahkan tools editing serta fitur monetisasi konten baru di Facebook Reels.

Mulai hari ini, Rabu (23/2/2022), Facebook Reels sudah tersedia untuk pengguna Facebook secara global di 150 negara, termasuk Indonesia.

Kabar ini disampaikan langsung oleh CEO Meta Mark Zuckerberg dalam sebuah unggahan di akun Facebook pribadinya.

“Sejauh ini, Reels sudah menjadi format konten kami yang paling cepat berkembang, dan hari ini kami membuat Reels tersedia untuk semua pengguna di Facebook secara global,” tulis Zuckerberg, sebagaimana dikutip KompasTekno, Rabu.

Sebelum dirilis secara global, fitur Facebook Reels ini lebih dulu dirilis untuk pengguna Facebook di Amerika Serikat pada akhir September 2021 lalu.

Seperti diketahui, fitur video pendek Reels semula hanya bisa diakses di media sosial lain di bawah naungan Meta, yaitu Instagram. Fitur ini pertama kali dirilis di Instagram pada 2020 lalu.

Berselang dua tahun, Meta akhirnya turut membawa fitur ini ke Facebook. Sama halnya di Instagram, pengguna Facebook bisa membuat konten  videoReels yang diiringi dengan beragam musik, efek, dan lainnya.

Facebook Reels bisa diakses oleh pengguna Facebook global, melalui aplikasi Facebook di perangkat iOS maupun Android.

Pengguna bakal bisa menemukan tab “Reels” di antara tab “Stories” dan “Rooms” di halaman depan aplikasi Facebook.

Baca Juga :  Kecerdasan Pemasaran Mempersiapkan Strategi Pemasaran Video Anda dalam 8 Langkah

Ketika tab “Reels” diklik, pengguna bisa membuat video Reels di menu “Create reel” yang memiliki tampilan sangat mirip dengan menu create reels di Instagram.

Di tab “Reels” pula, pengguna bisa melihat seluruh video Facebook Reels yang diposting pengguna lain dengan cara menggulirkan ke atas, seperti di Instagram Reels.

Fitur editing dan monetisasi baru

Mark Zuckerberg sendiri berharap Reels dapat menjadi tempat terbaik bagi kreator konten untuk terhubung dengan penggemar/komunitasnya sekaligus menjadi tempat mencari nafkah.

Untuk itulah, Meta menambahkan fitur editing dan monetisasi baru ke Facebook Reels.

Untuk fitur baru, kini, Facebook Reels kedatangan fitur remix (berduet dengan video Reels lain) serta durasi video hingga 60 detik, sama seperti di Instagram Reels.

Lalu, ada pula fitur baru draf yang memungkinkan pengguna menyimpan video Facebook Reels sebagai draf atau konsep dalam waktu dekat.

Selain itu, dalam beberapa bulan ke depan, Facebook Reels juga bakal kedatangan fitur video clipping, yang akan memudahkan kreator yang memublikasikan video live atau berdurasi panjang, menguji berbagai format.

“Kami juga memperluas pengujian alat monetisasi baru untuk Facebook Reel dengan iklan overlay,” tulis Zuckerberg.

Fitur monetisasi alias mendapatkan uang dari Facebook Reels itu berupa dua tampilan iklan overlay semi transparan di konten video Reels.

Pertama iklan dalam bentuk spanduk transparan yang terletak di bawah video Reels. Sementara yang kedua adalah iklan dalam bentuk stiker semi transparan yang bisa dipajang di mana saja di video Reels pengguna.

Baca Juga :  Samsung Galaxy Z Fold 4 S Pen 'Super UTG'

Dalam sebuah unggahan di situs resminya, Meta menyebutkan bahwa dua bentuk iklan overlay tersebut tidak mengganggu pandangan penonton dan justru memungkinkan kreator untuk memperoleh pendapatan dari iklan.

Menurut Meta, uji coba fitur monetisasi baru menggunakan iklan overlay ini baru tersedia untuk kreator Facebook Reels di negara AS, Kanada, Meksiko saja, dan di lebih banyak negara dalam beberapa minggu mendatang.

“Kami juga akan segera meluncurkan iklan layar penuh dan imersif di antara konten Reels,” tulis Zuckerberg.

Artikel ini telah dibaca 75 kali

badge-check

Team

Baca Lainnya

Peluncuran All-New BMW X1 Siap Mengaspal di Sulawesi

6 September 2023 - 12:32 WITA

Dampak rantai blok pada pemasaran dan periklanan pada tahun 2022

3 November 2022 - 07:00 WITA

Dampak rantai blok pada

10 Tips Menjaga Keamanan Telepon Cerdas Anda

7 Oktober 2022 - 07:00 WITA

10 Tips Menjaga Keamanan

Apa itu ponsel? – Definisi

14 Agustus 2022 - 07:00 WITA

Telepon genggam

Samsung Galaxy A53 5G Simak

18 Maret 2022 - 23:46 WITA

Berikut harga Samsung A53 5G

IKEA Telah Meluncurkan Dua Tirai Pintar

18 Maret 2022 - 03:23 WITA

IKEA
Trending di Tekno & Sains